Begini Cara Mencuci Tangan Yang Benar

Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang selalu digaungkan sejak lama untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi adalah mencuci tangan. Perilaku ini seharusnya menjadi kebiasaan yang sangat baik, karena selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, agama juga mengajarkannya.

Tangan merupakan media yang sangat ampuh untuk berpindahnya penyakit, karena tangan digunakan untuk memegang benda-benda yang seringkali tidak kita ketahui dengan pasti kebersihannya. Salah satu contoh adalah ketika kita memegang handle pintu atau pegangan dalam kendaraan, kita tidak pernah tahu apakah ada agen penyakit (virus/bakteri) yang menempel disana, bisa jadi sebelumnya dipegang oleh orang yang batuk/bersin ditutup oleh tangannya. Kemudian tangan kita yang sudah memegang handle pintu tersebut menutup mulut kita yang menguap atau langsung memegang makanan. Jelas sudah terjadi proses perpindahan agen penyakit disana. Jika saat itu daya tahan tubuh kita lemah, dalam masa inkubasi kita pun akan mengalami gejala yang sama.

Mencuci tangan sangat diutamakan pada waktu-waktu penting, antara lain sebelum makan, setelah buang air besar, sebelum menjamah makanan, sebelum menyusui/menyiapkan susu bayi, dan setelah beraktifitas.

Sebagai kebiasaan yang baik, mencuci tangan perlu memenuhi cara yang benar, agar kita yakin bahwa seluruh permukaan tangan sudah terbasuh dan benar-benar bersih. Urutan cara-cara tersebut tergambar dalam flyer berikut ini:

Gambar di atas merupakan urutan cara mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Lalu bagaimana jika kita tidak menemukan air dan sabun, kita dapat menggantinya dengan larutan berbahan dasar alkohol yang biasa disebut hand-sanitizer. Urutannya sama dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun, hanya dimulai dengan menuangkan larutan hand-sanitizer secukupnya.

Lebih jelas dapat dilihat lagi dalam video berikut:

Mari kita biasakan mencuci tangan dengan benar, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi. Hindarkan penyakit dengan cara yang sederhana, jauhkan peluang agen penyakit hinggap di tubuh kita. Jadikan cuci tangan sebagai kebiasaan pribadi dan keluarga.

SALAM SEHAT, SEHAT INDONESIA

 124,214 total views,  140 views today

Like this Article? Subscribe to Get our news update for FREE!

Post Author: AMN

4 thoughts on “Begini Cara Mencuci Tangan Yang Benar

    Husrina Rahman

    (April 4, 2020 - 08:18)

    Terima kasih, di sini kita bisa dapat ilmu dan informasi yang akurat tentang Covid-19

    Saran/usul kiranya vidio dan dan gambar bisa di copy untuk dilanjutkan kesesama

      AMN

      (April 4, 2020 - 08:25)

      Terima kasih atas apresiasinya. Gambar dapat dicopy dan disebarkan. Untuk video dapat diakses di youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI.
      Salam sehat

    Jasa Klik

    (April 16, 2020 - 10:39)

    Terima kasih sangat bagus materi nya

    Cuci Tangan

    (May 21, 2020 - 17:44)

    Terima kasih atas informasinya, bagus sekali. Sekarang kita bisa tahu cara cuci tangan yang benar tidak cuma asal sabunan terus bilas aja….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.